Profile

Head of Program

Welcome to the Magister Terapan Pariwisata

Program Studi Magister Terapan Pariwisata atau yang disingkat dengan istilah Prodi S2 MTP merupakan pendidikan terapan lanjutan pascasarjana yang bertujuan mengembangkan mahasiswa didik menjadi tenaga ahli yang memiliki kapasitas tinggi dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada bidang pengelolaan pariwisata dan bisnis usaha pariwisata seperti perhotelan.

Sedangkan kajian dan riset pada Program Studi S2 MTP diarahkan untuk pemecahan masalah riil di bidang perhotelan dan pariwisata yang dihadapi oleh dunia industri (problem solving), yang dikreasikan dalam bentuk rekayasa sistem pengeloaan pariwisata dan perhotelan dan pariwisata. Dengan demikian Prodi S2 MTP memiliki karakteristik yang berbeda dari program studi Magister Pariwisata akademik yang terdapat di berbagai universitas.

Program studi magister akademik universitas fokus terhadap peningkatan pengetahuan (knowledge).

Prodi S2 MTP merupakan kelanjutan pendidikan terapan yang diperuntukkan bagi seluruh lulusan program sarjana (D4) baik terapan maupun akademis (S1) dari STP Bali maupun perguruan tinggi lainnya.

Head of Post Graduate Program

VISI & MISI TUJUAN SEJARAH

Visi

Menjadi program pascasarjana terapan (vokasi) yang unggul di bidang pengelolaan perhotelan dan kepariwisataan di Asia Pasifik pada tahun 2025


Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana terapan (vokasi) di bidang pengelolaan perhotelan dan kepariwisataan yang berdaya saing internasional.
  2. Mengembangkan riset pada bidang pengelolaan perhotelan dan kepariwisataan terapan, serta mendesiminasikan pengetahuan dan teknologi terapan bagi penguatan industri perhotelan dan pariwisata yang berdaya saing internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong pengembangan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi pada keterampilan, pemanfaatan teknologi terapan dan pelestarian budaya di bidang perhotelan dan kepariwisataan.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional maupun internasional dalam upaya berperan aktif dalam membangun kepariwisataan daeran dan nasional serta untuk mendukung proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menyelenggarakan tata kelola program pascasarjana terapan (vokasi) yang baik (good governance) sesuai dengan perundangan yang berlaku melalui peningkatan kapasitas, etos kerja, dan penghargaan bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, kreatif, inovatif, berjiwa wirausaha, tersertifikasi dan berdaya saing internasional.
  2. Menghasilkan, mengembangkan dan mendesiminasikan riset dan teknologi terapan pada bidang pengelolaan perhotelan dan kepariwisataan yang berdaya saing internasional.
  3. Mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong pengembangan sumber daya manusia pada aspek keterampilan, pemanfaatan teknologi terapan dan pelestarian budaya di bidang perhotelan dan kepariwisataan.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan para pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional maupun internasional dalam membangun kepariwisataan daerah dan nasional serta mendukung pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mewujudkan tata kelola program pascasarjana terapan (vokasi) di bidang pengelolaan perhotelan dan kepariwisataan yang baik (good governance) berbasis kredibilitas, transparansi, akuntabel, adil dan bertanggung jawab melalui peningkatan kapasitas, etos kerja, dan penghargaan bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

 

Sejarah

Sekolah Tinggi Pariwisata Bali adalah perguruan tinggi negeri kedinasan di Bali, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1978. Pemilik dan penanggung jawab perguruan tinggi ini adalah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Hingga kini, STP Nusa Dua sudah meluluskan lebih dari 4.000 tenaga ahli kepariwisataan. Banyak mahasiswa STP Nusa Dua sudah dikontrak oleh hotel, biro wisata, dan lembaga kepariwisataan sebelum menyelesaikan pendidikan D2, D3, D4, dan S.1.

STP Nusa Dua Bali juga membuka program kelas sore untuk program D2, D3, dan D4 berjenjang. Persyaratan khusus calon mahasiswa adalah tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

 

Management

Head of Program

Dr. I PUTU UTAMA, SE., MM

Associate Head of Program

I WAYAN SUKMA WINARYA PRABAWA, M.Par., M.Pro

Quality Control

Dr. IDA AYU PUTRI WIDAWATI, SE., M.Si